1. Defefini Teknologi Game
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.
2. Perkebangan Teknologi Game
·
Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi Game pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas tahun 1952 di
Universty of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan tesisnya mengenai
interaksi antara komputer dan manusia.
Kemudian Douglas berkreasi lagi dengan menciptakan game versi Tic-Tac-Toe yang diprogram pada komputer EDSAC vaccum-tube yang memiliki layar CRT (Cathode
Ray Tube).
Kemudian William Higinbotham menciptakan game Tennis for Two pada tahun
1958 yang dimainkan di osiloskop. Game sederhana yang menampilkan lapangan tennis
dari samping ini memperlihatkan seolah bola dipengaruhi oleh gravitasi dan
harus melewati net.
Pada tahun 1961 dimana komputer merupakan barang yang bisa dikatakan sangat
mewah, Steve Russel membuat game bernama Spacewar karena ketertarikannya dengan
kisah fiksi ilmiah karangan Edward E Smith yang berjudul Skylark.
Memanfaatkan pekerjaannya yang menggunakan komputer mainframe MIT PDP-1
yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik, Steve membuat Spacewar.
Video game mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh
mahasiswa-mahasiswa pada tahun itu memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di
kampusnya untuk menyalurkan kreatifitas.
Kemudian menjadi lebih berkembang lagi ketika untuk pertama kalinya dirilis
perngkat video game pada tahun 1972 untuk pasar rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan dengan televisi.
Tetapi pada tahun 1975 produsen magnavox berhenti memproduksi odyssey
karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis konsol. Sebagai gantinya,
Magnavox memproduksi Odyssey 100, yaitu mesin yang khusus menyajikan game Pong.
·
Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)
Di Teknologi Game generasi kedua ini biasa disebut sebagai debut
pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video
game. Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali oleh Fairchild dengan
karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Di generasi kedua ini menjadi primadona konsol game yang diantaranya adalah
Fairchild Channel F, Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari 5200.
Atari 2600 via https://en.wikipedia.org
Pada tahun 1980, berbagai produsen konsol muncul dan menjadikan Atari 2600
sebagai konsep dasar. Sehingga perkembangan dunia game menjadi semakin pesat.
Generasi kedua ini juga ditandai dengan game Arcade 3D pertama keluaran
Atari yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran
Namco, Game & Watch seri video game-handheld keluaran
Nintendo, dan juga APF yang mengeluarkan Imagination Machine yang
merupakan add-on komputer untuk video game rumahan APF MP-100.
Tetapi pada tahun 1983 eksistensi dunia game mulai menurun karena kurang
kreatifnya para pencipta game. Terlebih lagi perkembangan PC semakin canggih,
sehingga orang-orang lebih tertarik membeli PC daripada membeli konsol video
game.
·
Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)
Konsol bernama Famicon/Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis di
akhir tahun 1983 menjadi gebrakan baru yang diciptakan oleh perusahaan bernama
FAMICOM di Jepang.
Konsol yang diciptakan FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama kali
menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan Nintendo ini memiliki chip pengaman
pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis harus
dengan seizin Nintendo.
Kemudian muncul game legendaris yang sampai saat ini masih memiliki banyak
peminat, yaitu Super Mario.
Karena munculnya super mario yang dengan cepat booming, banyak perusahaan
sofware maupun hardware yang menghentikan produksinya. Bahkan Nintendo
memperluas pemasarannya ke Amerika.
Di era ini produksi Nintendo mendominasi di Amerika dan merajai pasar video
game, sehingga terjadi perang konsol game antara perusahaan konsol game
Nintendo dengan SEGA.
·
Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi Game generasi empat ini disebut dengan generasi 16 bit yang
membawa perubahan pada gameplay, tata suara, grafik. Pada tahun 1988, Nintendo
mendapatkan sambutan hangat oleh dunia. SEGA yang menyaingi Nintendo, merilis
generasi konsol selanjutnya yaitu Sega Mega Drive.
Hal tersebut membuat persaingan antara SEGA dan Nintendo semakin ketat.
Meskipun konsol dari SEGA ini memiliki gambar yang lebih tajam dan animasinya
lebih halus dibandingkan Nintendo, tetapi tetap saja Nintendo berada di titik
penjualan tertinggi.
Nintendo kembali mengeluarkan konsol generasi baru mereka pada tahun 1990,
yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Meskipun ada beberapa saingan
produsen konsol seperti NEC dan SNK, tetapi kedua konsol Nintendo tetap
menduduki konsol terpopuler.
Pada tahun 1990 pula SEGA mengeluarkan Sega Megadrive yang menyita
perhatian para pencinta game, terutama Amerika. Kemudian SEGA melanjutkan
produksi di tahun 1991 dengan game Sonic the Hedgehognya. Game tersebut juga
membuat para pencinta game kareka kualitasnya yang jauh lebih baik daripada
Super Mario ciptaan Nintendo.
·
Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)
Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol untuk menyaingi konsol
dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar menyaingi kecanggihan SNES dan Mega Drive,
tetapi penggunaannya yang sulit membuat tertarik pencinta game. Terlebih lagi
pada saat itu Sony mengeluarkan konsol berbasis CD yang super legendaris.
Di Teknologi Game generasi lima inilah muncul konsol game yang bernama
playstation yang diluncurkan oleh Sony. Generasi ini juga bisa disebut dengan
era konsol 32 bit.
Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk keluaran pertamanya
yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa. Karena merasa tersaingi,
Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dan SEGA merilis .
·
Teknologi Game Generasi Keenam (2000-Sekarang)
PlayStation 4 via https://en.wikipedia.org
Teknologi Game generasi enam ini masih dikuasai oleh Sony. Pada tahun 2000,
Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang
ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah
satu-satunya saingan Playstation.
Meskipun tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, tapi ternyata game
Xbox tidak bisa mengalahkan populernya Playstation 2. Sampai saat ini sony
sudah meluncurkan Playstation versi 3, dan disusul versi ke 4.
Itulah sekilas tentang Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game yang dapat
penulis sajikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama pencinta game.
3. Pendapat saya tentang perkembangan teknologi game
Sekarang game sudah mulai berkembang dari zaman dulu saya kecil yang
memainkan game komputer masih berbasis offline dan grafik gamenya juga blm
terlalu bagus. Sekarang game sudah mulai berkembang menjadi game berbasis
online dan juga grafiknya sudah mulai seperti nyata, yang bisa menunjukkan
grafik wujud aslinya, seperti game FIFA yang sudah bisa memperlihatkan wajah
asli pemainnya dan dari cara bermainnya juga sudah beda, dari yang dahulu dari
gerakannya sudah lincah dan tidak patah patah. Game mobile seperti Mobile
Legends juga sudah bisa bermain menggunakan voice, itu berguna untuk berbicara
dengen team kita.
Sekarang juga game bukan sekedar hanya untuk bermain dan menghabiskan waktu
, game sudah bisa menjadi pekerjaan, seperti esport di Indonesia, banyak
anak-anak muda maupun orang dewasa sudah bisa menghasilkan uang dari bermain
game.
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments