Selasa, 13 November 2018

thumbnail

Mengubah dollar menjadi rupiah pada MYOB dan pengertian dan fungsi Menu Command Center


LAPORAN AKHIR


Mata Praktikum        : Sistem Informasi Akutansi dan Keuangan
Kelas                          : 2IA04
Praktikum ke             : 1
Tanggal                      :  13 November 2018
Materi                         : Intro
Npm                            : 56417613
Nama                         : Aldian Karim
Ketua Asisten           : Lutfhiandri
Nama Asisten           :
Paraf Asisten            :
Jumlah lembar          : 15  Lembar




















LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
Mengubah Mata Uang Uang Lain menjadi Mata Uang Indonesia(Rp)
1.      Buka MYOB Premier
2.      Lalu Klik Tombol CREATE


3.      Dan akan muncul menu seperti dibawah ini:



4.      Dan Setelah di Klik Tombol Next akan menjadi seperti dibawah ini:
5.      Kita isikan Data seperti dibawah ini:


6.      Setelah di Next akan menjadi tampil seperti dibawah ini:
Dan kita isi data Current Finacial Year = 2018 , Last Month of Financial Year = December , Conversion Month = November , Number of Accounting Periods = Twelve


7.      Dan setelah di Next akan menghasilkan seperti ini:


8.      Dan setelah di Next akan menghasilkan seperti ini:
Lalu Klik “I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB Premier”

9.      Dan setelah di Next akan menghasilkan seperti ini:

10.  Dan setelah di Next akan menghasilkan seperti ini:

Lalu Klik “Command Centre” dan menghasilkan seperti berikut ini:


11.  Setelah itu Kita Klik Setup
Setelah itu Klik Prefences dan muncul seperti ini:


Klik Ceklist “I Deal in Multiple Currencies [System-wide]” lalu klik OK

12.  Setelah itu Klik “Lists”

Setelah itu Klik “Currencies” dan muncul seperti berikut ini:

Dan kita EDIT Dollar[Local] menjadi Indonesia[Local] dengan cara seperti berikut ini:
1.      Klik Dollar[Local] lalu klik Edit dan muncul seperti dibawah ini:


Dan ganti Currency Code = IDR, Currency Name = Indonesia, Currency Symbol= Rp lalu Klik OK


Dan muncul seperti ini:



Carilah Pengertian dan fungsi dibawah ini:


1.      Accounts adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahaan, yang merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukan saldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum.
3
Dalam menu ACCOUNT, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
1.      Account List : untuk melihat/menambah/mengubah/menghapus daftar akun-akun perusahaan.
2.      Record Journal Entry : untuk mencatat transaksi jurnal umum, seperti transaksi-transaksi penyesuaian.
3.      Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal. 

2.      Banking berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, listrik, telepon, pembayaran gaji, dll.

4

Dalam menu BANKING, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
1.      Spend Money : untuk mencatat transaksi mengeluarkan uang dari bank guna keperluan usaha, selain untuk transaksi pelunasan hutang. Transaksi yang dicatat dalam Spend Money, seperti transaksi : Pembelian Perlengkapan, membayar beban-beban, dll.
2.      Receive Money : untuk mencatat transaksi penerimaan uang, selain pelunasan piutang dari pelanggan. Transaksi yang dicatat dalam Receive Money, seperti transaksi : Penerimaan pinjaman uang, penerimaan setoran modal, pendapatan bunga dari bank, penjualan aktiva selain persediaan barang, dll.
3.      Prepare Bank Deposit : untuk mencatat proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya.
4.      Bank Register : untuk melihat mutasi setiap kas di bank dan dapat menambahkan transaksi perbankan.
5.      Reconcille Account : untuk melakukan rekonsiliasi bank secara manual, seperti rekonsiliasi kas/bank, piutang dagang, dan hutang dagang.
6.      Print Cheque : untuk mencetak cek yang telah dibuat.
7.      Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal yang dibuat melalui banking.

3.      Sales berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.

4.      Time Billing dipakai untuk menghitung penjualan. pembelian, yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. misalnya : biaya konsultasi manajemen per jam. 

5.      Purchase untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.


6.      Payroll dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan, bulanan.


7.      Inventory dipakai untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga persediaan, memasukan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagang, dan penerbitan laporan terkait.


8.      Card FIle berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus dan mengelompokan catatan individu dan perusahaan. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan/customer dan pemasok/supplier anda, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok.





Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About