Selasa, 10 Oktober 2017

thumbnail

Tugas Ilmu Sosial Dasar




A.           Pengertian Masalah Sosial

               Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Dan untuk memudahkan mengamati masalah-masalah sosial, Stark (1975) membagi masalah sosial menjadi 3 macam yaitu :

1)   Konflik dan kesenjangan, seperti: kemiskinan, kesenjangan, konflik antar kelompok, pelecehan seksual dan masalah lingkungan.

2)   Perilaku menyimpang, seperti: kecanduan obat terlarang, gangguan mental, kejahatan, kenakalan remaja dan kekerasan pergaulan.

3)   Perkembangan manusia, seperti: masalah keluarga, usia lanjut, kependudukan (seperti urbanisasi) dan kesehatan seksual.



B.            ISU SOSIAL AKIBAT KEMAJUAN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI




               Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari bidang informasi dan komunikasi:

1.     Bidang Informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:

a)   Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet

b)   Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone

c)   Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

a)    Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).

b) Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.

c)  Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.

d) Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.


Contoh masalah sosial dalam ilmu informasi dan komunikasi :
          
         Adanya penipuan dalam transaksi jual beli online dan penyalahgunaan web web menjadi situs yang di larang dalam undang undang misalnya perjudian dan pornografi.

Cara mengatasinya : 

         Di zaman globalisasi kita harus menyaring setiap kemajuan teknologi yang cepat berkembang pesat, dimulai dari kesadaran diri sendiri dalam menghadapi kemajuan teknologi. Seperti contoh kejadian diatas kita harus berhati-hati jika sedang melakakukan transaki online seperti kita harus melihat dengan jelas licensi atau apakah situs online jual beli tersebut resmi atau tidak dan sudah terpercaya atau belum dilihat dari banyaknya pengguna situs online tersebut. Untuk permasalah penyalahgunaan situs internet kembali kepada kesadaran diri kita masing masing dengan cara membentengi dengan diri dengan ilmu agama yang baik atau mengajari dari sejak dini kepada anak anak.

Simpulan
          
          Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Kita sebagai manusia dizaman globalisasi harus selalu waspada atas kemajuan teknologi dan bisa menyaring atau memilah yang baik dan yang buruk agar tidak terjadi penyimpangan sosial. 



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPVGaQRsyJebItjlRyDB5-4KamcEdZeLl4dcyjn3e3LCT_ItVEwYLRcg1UVc9NfU1_o7vlw0n6CkBgf1gT2FyyVhg3Fw5EJGYfEIQrc6PtJLwGcaCMDtnBS7a2fM2_UANGQQiCVh1RpTA/s200/internet-sehat11.jpg


DAFTAR PUSTAKA 
http://kasebunce.blogspot.com/2014/03/tugas-iii-komputer-dan-masyarakat.html
http://afdanir.wordpress.com/2011/03/29/isu-sosial-akibat-kemajuan-dan-penggunaan-teknologi/
http://umum.kompasiana.com/2009/07/06/masalah-masalah-sosial/       

http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About