Rabu, 20 Mei 2020

thumbnail

Scenario, Script, Storyboard pada Game Desig


 Apa itu desain Skenario ?

Desain biasa di terjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainya.
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa sesuai dengan yang diinginkan. Skenario game sendiri artinya langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita myelesaikan game yang akan kita buat.

Apa itu Script ?

Naskah atau script dalam pemrograman komputer adalah sebuah program atau intruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prosesor. Script adalag semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi kompilasi interpreter, skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu. Skrip merupakan kumpulan sintaks pemrograman yang siap untuk di-compile. Macam - macam skrip : PHP, ASP, Java Script, Java Apples, VB Script.

Apa itu Story Board Game Komputer dan Story Board Animasi ?


Story board adalag sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan story board kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah. Karena kita dapat mengiring khayalan seseorang mengikuti gambar - gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. 

Story Board pada Game 


Story board pada game sedikit berbeda dari story board animasi, dimana pada stor board game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri.Kemudian storyboard pada game menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri seperti aapa tergantung dari jenis game. Misalkan game bergenre arcade tidak memiliki alur cerita namun gamme tersebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapa nilai setinggi mungkin. 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq2bFgCHWBlAP4VTkRd_hTtBaOAt8jtwi-5BwALuYdaWBiKI7iHQoJt8Bbu3MUIkcQtYQ3Xs-XueFGXEGl1Fnv865yq-BBrhp4tpliM8pqvIbQeL3VEVJLllfaA6B5dbtf5efOgdeRK1cJ/s320/pengertian-dan-fungsi-storyboard.png


Story Board pada Animasi 
Story board pada animasi ialah untuk menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita, atau
storyboard pada animasi sebagai acuan agar animator  dalam membuat animasi tidak melenceng dari yang dibuat pada storyboard. Sebenarnya fungsi dari storyboard itu sama, namun yang berbeda hanya media yang diperuntukkan dari storyboard itu sendiri, contoh storyboard pada game atau storyboard pada iklan.


Contoh Storyboard Animasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOn5AejSWQoBHEWwMkOnBWST1cm5x9p6FWNhCMT0KggOIUOrH_jFcQTxAy3wKYeW55nJ0s-e73vGAWZSgeBBKEwXLb3NuCi2HrcZL0XdLPVsQKkQAimLe8mdSgq_3nMYiXuBsy5d71Q0vD/s320/23.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvi0IXmUy-G3ZkYfx9LBzIq7DqCaZMABAcQS3VeK26dr_p-e4ERVIM94faMVa6M7r2FAiOWQZxL8saED8VyK8F-QIUsdLf0GW_Z1SJuR15L1qc_uGpDi365FXTzCs6dZQjPBXr2fTXOOOZ/s320/24.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl9nlc0RGu2vvTB4H-fkQb56Ay0OOA4Hgmqa7K_eYtfD4opdrOMwcDT8NZ9a_sxYLN8wmCdlK-NqaMLIjIM1YzdYsE28kOhCcZpjKSnB8Cnbdmx1CmNYgRyQJJ4aJ1gnBAKu8c7HqdE60/s1600/storyboard_pro.png
storyboard pro
Storyboard pro memiliki fitur untuk menyajikan storyboard dengan tampilan 3D. Storyboard memiliki kemampuan untuk membuat adegan 2D bisa di tampilkan lebih dramatis dan menarik dengan kemampuan untuk mengimpor berbagai jenis file 3D yang di kombinasikan dengan beberapa fitur yang di sediakan oleh storyboard pro.

Storyboard pro dapat mengimport 3D file berformat .osb, .3ds, .obj, and .fbx kedalam scene anda  dan anda tinggal mengatur camera sehingga tampilan storyboard sesuai dengan yang anda inginkan.


Daftar Pustaka

http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html
http://purwoadhii.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html
http://moekyuun.blogspot.co.id/2015/04/story-board-game-komputer.html
https://pratama94.wordpress.com/2015/03/17/perbandiangan-storyboard-yang-digunakan-untuk-game-dengan-animasi/

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About